Teruslah Melangkah… ?>

Teruslah Melangkah…

Saya senang sekali mengulang-ulang cerita tentang Colonel Harland Sanders, meskipun sudah berulangkali membacanya, ijinkan saya menuliskannya lagi di kolom ini. Saat pensiun pada usia 65 tahun, Colonel Sanders hanya memiliki sedikit barang berharga, diantaranya sebuah caddie roadster tua, gaji bulanan 105 dolar dan sebuah resep ayam.

Menyadari bahwa dirinya tidak akan bisa hidup jika hanya mengandalkan uang pensiunnya, Col Sanders membawa resep ayam nya dengan berkeliling menggunakan mobilnya dan bermaksud menjual resepnya kepada para pemilik restauran. Dia berharap mendapat bagian 5 sen untuk setiap ayam yang terjual. Pemilik restauran pertama yang dia datangi langsung menolak… demikian juga pemilik restauran kedua…tapi Col. Sanders tidak patah arang dia datangi pemilik restauran ketiga… yang ternyata juga menolaknya… Akhirnya 1008 penwaran pertama yang dilakukan Colonel Sanders berakhir dengan penolakan. Tetapi dengan gigih Colonel Sanders terus berupaya menawarkan resep masakannya, bahkan untuk menghemat uangnya dia rela tidur di mobil. Pemilik restauran ke 1009 adalah yang pertama memberi jawaban YA.

Setelah 2 tahun berkeliling menawarkan resep masakannya dia baru bisa mendapatkan 5 restauran saja, tetapi Colonel Sanders tetap berupaya… tetap berusaha menawarkan resep masakannya, karena dia yakin bahwa resep yang dia miliki sangat istimewa dan suatu hari pasti akan disukai banyak orang. Akhirnya kerja kerasnya berhasil. Resep ayamnya benar-benar diminati banyak orang, sampai tahun 1963 sudah ada 600 restauran yang menjual resep rahasia Kentucky Fried Chicken (dengan 11 bumbu masakan yang berbeda).

Pada tahun 1964, resep Colonel Sanders di takeover oleh John Brown, yang kemudian menjadi gubernur Kentucky. Meski sudah menjadi multi-milyuner, Colonel Sanders tetap mempromosikan KFC sampai dia meninggal tahun 1990.

Cerita Colonel Sanders mengajarkan hal penting pada kita : tidak ada kata menyerah, jangan menyerah… Colonel Sanders meraih suksesnya justru di usia 65 tahun… meski mengalami banyak penolakan tetapi dia tetap gigih memperjuangkan usahanya. Jika seseorang kurang bersungguh-sungguh… terlalu mudah menyerah… bisa jadi dia sangat kesulitan meraih impiannya… tidak ada kata terlambat untuk terus gigih, berjuang meraih cita-cita… teruslah melangkah…

775 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini