HYPNOMOTIVASI MASSAL ?>

HYPNOMOTIVASI MASSAL

Waspadalah !! Waspadalah!! Demikian sebuah acara TV yang pernah populer dengan tokohnya bernama “Bang Napi” yang selalu mengingatkan pemirsa agar waspada terhadap tindak kejahatan yang bisa mengancam setiap saat. Ya, jika Bang Napi mengingatkan kita terhadap bahaya kejahatan yang mengancam… sesungguhnya kita perlu lebih waspada lagi terhadap ancaman “virus” kemalasan, kebiasaan menunda pekerjaan, pikiran-pikiran negative… yang semuanya dapat mensabotase kesuksesan kita… lho…kok ???

Benar sekali…kesuksesan kita ada pada kita, bukan pada orang lain…banyak sekali jalan sukses yang justru kita sabotase sendiri sehingga bukan sukses yang kita dapat tapi kekecewaan. Stresor hidup sehari-hari, permasalahan hidup dan kebiasaan menunda masalah dapat kita ibaratkan sebagai sebuah virus dan bahayanya virus tersebut tanpa disadari justru sering kita pelihara dengan “penuh kasih sayang”…

Jika Bang Napi mengingatkan pemirsa untuk waspada terhadap kejahatan disekitar, maka ijinkan saya mengingatkan anda untuk WASPADA terhadap berbagai kebiasaan yang membuat kesuksesan semakin jauh dari kita !!  Jika sakit atau kena virus kita bisa ke dokter untuk mendapat terapi namun bagaimana jika semangat belajar kita yang down… pikiran-pikiran negative kita yang selalu muncul… adakah cara yang efektif, aman dan murah bisa dilakukan untuk “menyembuhkan” masalah tersebut… Jawabnya singkat dan tegas : ADA!

Jika saat ini marak sekali pemberitaan negative tentang kejahatan yang mengatasnamakan hypnotis, apakah memang hypnotis itu jahat? Apakah hypnotis itu dekat dengan kuasa kegelapan atau ilmu hitam?

Hipnosis merupakan sebuah ilmu kuno yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Kegiatan hypnosis diantaranya ditemukan dalam sejarah Mesir ataupun Yunani.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:501) makna kata “hypnosis” adalah “keadaan SEPERTI tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali”. Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mendefinisikan hypnosis sebagai “keadaan setengah sadar disebabkan oleh sugesti relaksasi dan perhatian yang terkonsentrasi pada obyek tunggal”.

Sebagai sebuah ilmu sebetulnya hypnosis bersifat netral, seperti halnya sebuah pisau bedah apabila digunakan oleh dokter bedah maka pisau bedah itu bisa menyembuhkan penyakit seseorang tetapi apabila disalahgunakan oleh pencopet untuk merobek tas seseorang maka pisau bedah itu pun telah menjadi alat kejahatan.

Hypnosis bukan juga ilmu hitam, karena hypnosis bisa dipelajari secara ilmiah oleh siapa saja tanpa perlu berpuasa atau melakukan ritual tertentu bahkan saya pernah memberikan materi hypnotherapy pada perkuliahan di Program Pasca Sarjana Magister Sain Terapan (MST) Poltekkes Semarang dan Program Pasca Sarjana Keperawatan Universitas Diponegoro mengenai hypnosis / hypnoterapi.

Hypnosis memiliki kekuatan yang dahsyat khususnya untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan pikiran manusia, kedahsyatan hypnosis sudah diakui oleh dunia. Di bidang kesehatan James Esdaile (1808-1859) seorang dokter bedah Irlandia di India, telah melakukan transhipnotik dalam 1000 operasi tanpa obat bius hanya hypnosis ( 300 bedah mayor & 19 amputasi).

Di Indonesia sendiri Menteri Kesehatan RI dalam salah satu Permenkes-nya yang bernomor HK.02.02/Menkes/148/I/2010 tentang Ijin & penyelenggaraan praktek perawat pada Bab III Pasal 8 huruf 3c menyebutkan bahwa Praktik keperawatan dapat dilaksanakan dengan tindakan KEPERAWATAN KOMPLEMENTER, Sedangkan menurut National Institute of Health salah satu terapi komplementer adalah Mind-Body Technique yang diantaranya terdapat hypnosis. Peraturan Pemerintah Nomor 103 tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional juga mendukung pemberian terapi komplementer oleh tenaga kesehatan yang berkompeten di pelayanan kesehatan.

Seringkali saya diundang institusi pendidikan kesehatan (biasanya) untuk memberikan pembinaan mental dan motivasi melalui hypno motivasi massal pada para mahasiswa, ya…para mahasiswa tersebut dihypnosis bersamaan, kemudian dalam kondisi trance mereka diberi sugesti dan motivasi selama lebih kurang satu jam. Luar biasa ! setelah mengikuti hypno motivasi mereka merasa seperti habis discharge !! semangat mereka naik berlipat ganda…seakan-aan pingin segera berlari untuk meraih sukses….Berdasarkan pengalaman, hypno motivasi memang  memiliki kekuatan untuk mendongkrak motivasi seseorang.

Hypno motivasi massal adalah sebuah aplikasi metode hypnosis terapan massal yang digunakan untuk memotivasi sekelompok orang. Sebagai sebuah SENI KOMUNIKASI SUGESTI  melalui pikiran bawah sadar seorang hypnoterapis akan memandu peserta hypno motivasi dari kondisi sadar penuh ke kondisi bawah sadar, setelah peserta hypno motivasi berada dalam kondisi bawah sadar barulah sang hypnoterapis menyampaikan motivasi melalui sugesti-sugestinya.

Sebagai salah satu mind-body technique Hypnosis merupakan metode terapi yang positif, aman, ilmiah dan alamiah yang dapat digunakan untuk membangun sikap dan perilaku positif serta dapat menghilangkan perilaku dan kebiasaan negatif pada anak didik, diantaranya : Membangun konsep diri yang positif ; Membangkitkan motivasi belajar dan prestasi ; Membangun minat dan semangat belajar serta bekerja ; Menghancurkan mental blok / hambatan mental / trauma ; Membuat seseorang lebih fokus dan mudah menyerap materi kuliah atau instruksi ; Menghancurkan nilai-nilai / kepercayaan dan sikap yang negatif seperti merasa bodoh dan tidak mampu, malas, minder, grogi, panik dll ; Menghilangkan perilaku & kebiasaan buruk membangkitkan dedikasi, loyalitas dan percaya diri.

Untuk melakukan hypno motivasi massal diperlukan kemampuan berkomunikasi yang sangat baik, keyakinan dan rasa percaya diri yang kuat dari seorang hypnoterapis, karena dengan melakukan hypnotis massal maka seorang hypnoterapis harus mampu mengendalikan semua peserta yang mengikuti hypno motivasi massal.

Apakah seseorang yang telah mengikuti hypno motivasi akan memiliki kondisi “powerfull” atau kondisi positif selamanya? Menjawab pertanyaan ini kita kembali ke konsep hypnosis, bahwa otak manusia bisa kita ibaratkan sebuah computer sehingga apabila terkena virus dan di scan maka virus tersebut akan hilang namun jika computer tersebut digunakan lagi maka virus pun bisa menyerang kembali, sama dengan peserta hypno motivasi saat di lakukan hypno motivasi mereka bisa diibaratkan sedang di-scan namun setelah melakukan kegiatan / aktifitas sehari-hari ibarat computer sering digunakan maka bisa saja sugesti yang sudah ditanamkan akan kalah oleh “virus” yang baru didapat sehingga “daya tahan” sugesti setiap orang relative tidak sama.

Namun demikian berdasar penuturan peserta hypnomotivasi setelah mengikuti kegiatan ini mereka memiliki semangat luar biasa seolah-olah habis discharge….Bahkan banyak mahasiswa yang melaporkan peningkatan IP yang signifikan. Anda pun bisa mengikuti hypnomotivasi baik secara pibadi ataupun secara massal! Anda berminat ??  ( *Hanung Prasetya,  MindPUNCTURE Master).

1,907 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini