MENGELOLA KEGELISAHAN SAAT BERPIDATO DENGAN NEURO-HYPNOTIC REPATTERNING ?>

MENGELOLA KEGELISAHAN SAAT BERPIDATO DENGAN NEURO-HYPNOTIC REPATTERNING

Pernahkah Anda mengalami kegelisahan saat akan melakukan sesuatu…misalnya saat akan presentasi atau pidato?  Ya… beberapa orang gelisah  (bukan fobia) saat harus berpidato atau berbicara didepan orang banyak secara formal…

Berikut adalah salah satu teknik mengelola kegelisahan dengan menggunakan Neuro-Hypnotic repatterning, jika digunakan dengan benar maka teknik ini cukup efektif membantu untuk mengelola kegelisahan saat akan berpidato:

  1. Bayangkan Anda yang sedang gelisah saat akan berpidato.
  2. Sembari memperhatikan kegelisahan tersebut, perbesar gambaran gelisah tersebut, bahkan suaranya jika anda dapat mendengar suaranya lebih baik atau perasaan gelisah itu sendiri diperbesar.
  3. Perhatikan ke arah mana kegelisahannya berputar dalam tubuh anda dan bayangkan kejadian itu dengan menggunakan anak panah berwarna merah untu menunjukkan arah perputaran kegelisahan tersebut.
  4. Bayangkan, dengarkan dan rasakan Anda mengeluarkan perasaan itu dari tubuh Anda, Anda boleh memutarbalikkannya, mengubah warna anak panah dari merah menjadi biru, dan mennarinya kembali agar perasaan tersebut berputar ke arah berlawanan dalam tubuh Anda.
  5. Apabila anda dapat merasakan atau membayangkan atau bahkan mendengarkan sesuatu yang berbeda pada diri anda maka putar terus perasaan itu ke arah berlawanan dalam tubuh Anda dengan lebih cepat.
  6. Pikirkan sesuatu yang membuat anda merasa benar-benar nyaman, sembari perhatikan ke arah mana perasaan itu bergerak.
  7. Saat anda dapat membayangkan atau merasakan atau mendengarkan pengalamannya berjalan dengan sangat baik dan berhasil sempurna maka putar perasaan nyaman tersebut lebih cepat.
  8. Saat melakukan hal ini, amati apa yang bisa anda lihat di depan anda saat ini, apa yang bisa anda dengar dan segala hal di dunia nyata yang bisa anda perhatikan.

Selamat praktikkan dan dapatkan manfaatnya…

1,014 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini