RAIH SUKSES? KERJAKAN SESUAI HOBI ATAU PASSION ?>

RAIH SUKSES? KERJAKAN SESUAI HOBI ATAU PASSION

Beberapa orang ternyata belum dapat membedakan antara hobi dan passion. Padahal salah satu di antaranya dapat sangat mempengaruhi upaya meraih sukses…khususnya dibidang usaha dan pekerjaan…eh, mungkin juga bidang lainnya…

Apa sebenarnya beda hobi dan passion? Terus apa yang dapat menjadi profession? hobi atau passion?

Hobi.

Hobi merupakan rasa suka terhadap sesuatu dan ketika mengerjakannya menimbulkan rasa senang. Namun kadangkala di dalam hobi tidak ada target pencapaian. Maksudnya, dalam melakukan kegiatan yang disebut hobi, hanya karena senang saja. Bahkan ketika hobi tersebut diberi target pencapaian, bisa jadi berangsur-angsur menjadi kegiatan yang ditinggalkan.

Hobi juga mengalami perubahan yang disebabkan beberapa faktor seperti teman dekat, lingkungan, fasilitas dan kesempatan. Contohnya, waktu SMA seseorang suka main bola, tetap setelah kuliah suka fotografi dan saat ini suka nonton film…

Passion.

Passion adalah gairah atau ketertarikan yang sangat dalam. Atau dapat dikatakan juga sebagai hastrat yang kuat (tidak sekedar suka). Dalam melakukan kegiatan yang di dalamnya ada passion, maka kegiatannya akan termasuk kegiatan yang ‘tidak dapat tidak dilakukan’, atau harus dilakukan karena apabila tidak melakukannya ada yang dirasakan kurang.

Rasa kurang di sini bukan karena kebiasaan, namun karena kompetisi dengan diri sendiri. Ia akan selalu ingin lebih baik melakukannya dari sebelumnya.

Nah, dari dua arti dan makna di atas, dapat melihat apakah usaha atau pekerjaan yang anda lakukan didasari atas hobi atau passion?

Kalau hobi hanya mengandung rasa suka. Apabila sudah melakukannya maka akan timbul rasa senang dan puas. Namun kalau passion tidak sekedar suka, namun akan timbul hasrat mencapai yang lebih baik bahkan ia akan belajar lebih banyak agar apa yang dilakukannya memenuhi target kompetisi atas dirinya sendiri.

Nah sekarang, apabila anda ingin lebih sukses membuka sebuah usaha atau pekerjaan saat ini, anda tentu dapat melihat kembali apakah usaha atau pekerjaan anda didasari atas hobi atau passion?

Kerjakan apa yang anda sukai… dan sukai apa yang Anda kerjakan…

Satu pertanyaan buat Anda jawab sendiri:

Darimana saya akan memulai untuk mengejar tujuan hidup saya?

Ayo…. temukan passion anda!

1,242 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini