PENERAPAN AKUPUNKTUR UNTUK BEBERAPA KASUS PADA PEDIATRI ( Tulisan ke-dua) ?>

PENERAPAN AKUPUNKTUR UNTUK BEBERAPA KASUS PADA PEDIATRI ( Tulisan ke-dua)

Oleh:

Lutvi Masvidhoh, Marfuah Dwi Mitasari, Masturoh Rohmah, Meary Puspitasari, Nadia Shafira

Di negeri China, akupunktur sudah biasa diterapkan pada anak-anak/pediatri, diantaranya untuk membantu mengatasi:

1.Rasa nyeri perut akut

Suatu laporan klinis menggunakan empat titik akupuntur: Hegu LI-4, Neiguan PC-6, Zusanli ST-36 dan Gongsun SP-4 secara bilateral dan menunjukkan pengurangan rasa sakit selama kolonoskopi. Study dari Taiwan mengungkapkan stimulasi electroacupuncture PC-6 Neiguan efektif  mengurangi emesis pasca bedah pada pasien yang menjalani Laparoskopi.

2.Pankreatitis

Pankreatitis, atau peradangan pankreas, jarang namun dapat terjadi pada usia berapa pun di masa kanak-kanak. Hal ini belum diketahui penyebabnya, dengan kecenderungan kekeluargaan. Umumnya penyebab pankreatitis pada anak-anak adalah infeksi penyakit gondok. Trauma dan obat-obatan seperti steroid dapat menyebabkan gejala pankreas. Ultrasonografi biasanya menunjukkan pembengkakan abnormal. Pengobatan Cina menafsirkan pankreatitis sebagai panas di limpa,

Titik yang dapat digunakan:

  • Menguatkan SP-9, KI-10; tenang SP-2, HT-8
  • Pemijatan dapat diterapkan ke auricularis poin yang tercantum di atas.

3. Jerawat.

Jerawat adalah gangguan kulit paling umum mempengaruhi remaja, pada remaja laki-laki rentang usia puncak dari 14-1 7 tahun pada remaja perempuan dan 16-19 tahun.

Gangguan melibatkan sebasea follicles yang memiliki peningkatan produksi sebum sebagai proses pematangan normal dalam menanggapi ikatan peningkatan Kamea androgen adrenal, ovarium dan testis. Jerawat adalah efek samping yang terkenal dari steroid sistemik. Diet Barat tampaknya tidak memainkan peran penting dalam patogenesis jerawat. Meskipun jerawat membatasi diri dengan usia, pengobatan diperlukan karena radang yang parah dapat mengakibatkan permanen, menodai scars,dan dapat memiliki jangka panjang gejala psikologis. Jerawat didominasi secara luas dapat digolongkan menjadi dua jenis: obstruktif sebagai komedo, dan peradangan sebagai pustula, saat ini, ada ada obat untuk jerawat tetapi pengobatan dengan obat-obatan yang topikal dan oral, biasanya antibiotik, diarahkan kepada kontrol lingkungan perkembangan proses dan mencegah bekas luka.

Jerawat dalam pengobatan Cina adalah akibat akumulasi dahak dan panas, yang berkorelasi baik untuk konsep Barat obstruktif dan inflamasi jenis komedo dan pustula. Perubahan fisiologis selama pubertas mengakibatkan ketidakseimbangan terutama dalam saluran lambung dan paru-paru, tetapi dapat juga melibatkan hati dan kandung empedu . Wajah adalah yang paling terpengaruh karena banyak saluran melewati wajah dan karena itu adalah yang paling daerah yang terkena tubuh untuk angin-panas. Area umum lain adalah dada dan punggung atas karena kulit yang berkaitan dengan paru-paru, kelebihan panas paru-paru dapat bermanifestasi sebagai jerawat. Anak-anak dalam fase kayu pengembangan akan lebih rentan terhadap hati dan kandung empedu panas, dengan distribusi lesi jerawat lebih merata sepanjang aspek-aspek lateral dari wajah dan tubuh.

Sedangkan diet tidak muncul untuk mempengaruhi patofisiologi atau perawatan dalam pengobatan Barat, obat Cina berpendapat yang penuh semangat panas dan dahak berisi makanan signifikan dalam jerawat. Satu penjelasan untuk kemanjuran antibiotik dari sudut pandang TCM adalah bahwa antibiotik obat anti-inflamasi dan karena itu dianggap penuh semangat dingin. Efek yang sama dapat dicapai dengan meningkatkan dingin makanan dalam diet. Terapi akupunktur yang menggunakan titik di tubuh dan auricularis tampaknya bekerja secara sinergis dalam menyeimbangkan visera dan menyelaraskan Yin dan Yang.

Terapi

  • Hindari panas dan dahak-memproduksi makanan dalam diet
  • Peningkatan penuh semangat dingin makanan
  • Menggunakan poin lokal pada wajah dan punggung, dan terhubung dengan ion memompa tali untuk titik distal pada saluran yang sesuai atau BL-60. Misalnya, jika lesi jerawat di dahi di sekitar perut poin, menggunakan titik perut lokal pada wajah dan perut, misalnya ST-45 atau menggunakan BL-60 sebagai titik distal.
  • ST-40, SP-6 untuk menyelesaikan dahak
  • GV-14, U-1t dear panas; yang telah ditunjukkan untuk menjadi efektif terhadap  Jerawat.

* Bersambung ke tulisan selanjutnya.

* Penulis adalah mahasiswa Prodi D III Akupunktur Poltekkes Surakarta.

* Referensi tulisan ada pada penulis.

1,365 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini