PENGARUH HYPNOPRESUR SEBAGAI TERAPI INSOMNIA PADA ANGGOTA POSYANDU LANSIA SEHAT SEJAHTERA PRAON RW VII KELURAHAN NUSUKAN KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA ?>

PENGARUH HYPNOPRESUR SEBAGAI TERAPI INSOMNIA PADA ANGGOTA POSYANDU LANSIA SEHAT SEJAHTERA PRAON RW VII KELURAHAN NUSUKAN KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Deta Kwatrini

Abstrak Penelitian

Lansia sangat rentan menderita insomnia, demikian juga pada lansia anggota Posyandu Lansia Sehat Sejahtera. Berbagai tindakan dapat diberikan untuk mengatasi insomnia baik secara farmakologis ataupun nonfarmakologis, penanganan insomnia secara non farmakologis diantaranya dengan melakukan akupresur pada titik akupunktur tertentu dan peberian hypnoterapi. Penelitian ini mengkombinasikan antara hypnoterapi dan akupresur yang diberikan secara bersamaan pada lansia penderita insomnia di Posyandu Lansia Sehat Sejahtera.

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pemberian terapi hypnopresur terhadap insomnia pada anggota posyandu lansia sehat sejahtera. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dari Kelompok Studi Psikiatri Biologi Jakarta-Insomnia Rating Scale yang telah dimodifikasi. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan pendekatan Pretest-Posttest Design pada 30 orang yang mendapatkan intervensi sebagai kelompok perlakuan dan 30 orang tanpa intervensi sebagai kelompok kontrol.

Berdasarkan penggunaan uji Wilcoxon didapatkan p value (sig.) = 0.000 berarti p value < 0.05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan bermakna antara kelompok perlakuan yang mendapatkan intervensi dengan kelompok kontrol.

Hypnopresur dapat dipertimbangkan sebagai intervensi pada lansia yang menderita insomnia.

 

Kata Kunci : Hypnopresur, Insomnia, Lansia

Daftar Pustaka : 1000 (2001-2014)

Penelitian Skripsi 2015

 

1,072 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini